Rabu, 03 Mei 2017

SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Ikut Memeriahkan HARDIKNAS 2017

Bersempena dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei ,Osis bersama Tim Lingkungan SMA Negeri 1 Teluk Kuantan mengadakan berbagai kegiatan. Mesjid Makkah, Mesjid Baitulhamdi dan juga jalan raya di depan lokasi sekolah menjadi lokasi kerja bakti para murid dan guru SMA Negeri 1 Teluk Kuantan.  Kegiatan yang ditaja oleh Osis dan Tim lingkungan  di laksanakan pada hari Selasa (2/5/17). “Dengan diadakannya acara yang bertemakan Peduli Lingkungan diharapkan para siswa dan siswi memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar,sehingga dapat menumbuhkan karakter pelajar yang peduli lingkungan.” Demikian yang disampaikan Ibu Ergusneti, S.Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Teluk Kuantan.Tidak hanya kerja bakti, SMA Negeri 1 Teluk Kuantan juga mengadakan lomba lainnya seperti lomba membuat poster
dan melukis tempat sampah. “Lomba melukis tempat sampah bertujuan agar murid lebih paham dalam melakukan pemilahan sampah. Selain itu juga agar para murid terbiasa untuk menggunakan barang-barang bekas. Seperti saat ini, kaleng cat bekas bisa kita manfaatkan sebagai tempat sampah” Ujar Ketua Lingkungan SMA Negeri 1 Teluk Kuantan, Drs. Kristion. Tempat sampah hasil lukisan para peserta lomba menjelaskan tentang pemilahan sampah melalui gambar maupun warna. Seperti gambar kertas,  pada tempat sampah dengan warna kuning, gambar dedaunan  pada tempat sampah berwarna hijau yang menandakan organik, gambar berbagai hasil kerajinan tangan pada tempat sampah berwarna biru yang menandakan sampah yang bisa didaur ulang (recycle). dan gambar pelastik bungkus makanan pada tempat sampah berwarna abu-abu yang menandakan anorganik.

Sedangkan perlombaan pembuatan poster berisi ajakan untuk senantiasa menjaga lingkungan sekitar. Tangan-tangan jahil manusia yang bertindak semena-mena pada alam membuat semakin memprihatinkannya keadaan bumi ini. Kesadaran masyarakat adalah hal utama yang harus ditegakkan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik. Sebagai penerus bangsa, maka penting untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan kepada para siswa dan siswi SMA Negeri 1 Teluk Kuantan.

Kegiatan Peduli Lingkungan yang diadakan SMA Negeri 1 Teluk Kuantan ini menjadi wadah bagi para siswa dan siswi untuk menambah pengetahuan dan menyalurkan kreatifitas mereka. Selain kreatifitas dibidang seni lukis, juga diadakan perlombaan Tata Makanan Sehat. “Kriteria yang diperlombakan adalah makanan harus direbus, dan tidak boleh menggunakan bahan pengawet. Untuk tampilannya itu tergantung kreatifitas para siswa.” Seperti yang disampaikan oleh juri. Para murid yang terlibat diperlombaan ini membuat makanan yang berasal dari ubi rebus, jagung rebus, kacang rebus dan sebagainya. Mereka mengkreasikan bahan-bahan tersebut dengan menambahkan kelapa parut, gula, susu kental manis, keju dan bahkan ada juga yang mengolah bahan tersebut menjadi getuk. Tumpeng dan kolak juga terlihat di meja penjurian setiap kelas. Diharapkan kegiatan ini akan berlanjut ditahun-tahun berikutnya. (Admin)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar